Kamis, 01 Agustus 2013

INDAHNYA AKHLAKUL KARIMAH

Puji syukur kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan hidayah dan inayah kepada kita semua. Sholawat salam semoga tercurah kepada Nabi Agung Muhammad saw. Sebagai suri tauladan untuk kita semuanya. Atas dasar keprihatinan dan kepedulian penulis terhadap semakin merosotnya akhlak bangsa, maka  melaui buku ini penulis curahkan segala daya dan upaya untuk mengkaji berbagai permasalahan mengenai akhlak.
Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kita mengerti, dalam pergaulan sehari-hari akhlak sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia dalam kehidupan keluarga, masyarakat maupun suatu bangsa. Akhlak merupakan target dakwah para nabi dan Rasul, meluruskan perilaku manusia dari keterpurukan dan kebobrokan merupakan tugas para Nabi dan Rasul serta kita bersama yang hidup sesudahnya. Kehidupan manusia dari zaman kezaman selalu mengalami perubahan disinilah peran pendidikan akhlak sebagai penyelaras dan penyeimbang serta pengendali berbagai dampak dari perkembangan zaman.
Akhlak adalah tahap ketiga dalam beragama. Tahap pertama menyatakan keimanan dengan mengucapkan syahadat, tahap kedua melakukan ibadah seperti sholat, zakat, puasa termasuk membaca Al-Qur’an dan berdoa, dan tahap ke tiga sebagai buah dari keimanan dan ibadah adalah akhlak. [1]
Dalam keluarga akhlak sangat penting untuk dikaji dan dimengerti oleh anggota keluarga. Perilaku yang baik harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak demikian juga perilaku yang jelek (akhlak tercela) juga harus di antisipasi sedini mungkin jangan sampai menjadi kebiasaan anggota keluarga karena akhlak yang tercela merupakan penyebab hancurnya kehidupan manusia. Orang tua berperan penting dalam pendidikan akhlak anak dan seluruh anggota keluarga.
Dalam buku ini akan dikaji berbagai permasalah tentang akhlak, mulai dari pengertian akhlak, macam-macam akhlak, penerapan akhlak dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. Peranan akhlak bagi generasi muda dan masyarakat dalam menghadapi dampak buruk era globalisasi dan berbagai solusi penting untuk menangani dan mengatasi berbagai perilau –perilaku menyimpang dan akhlak yang tercela dalam kehidupan kita. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan kajian mengenai pandangan Al-Qur’an dan Hadits mengenai akhlak lengkap dengan penjelasanya.
Kehidupan akan terasa indah apabila kita menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Hidup akan terasa damai, nyaman, sejahtera dan dekat dengan rahmat dan hidayah Allah swt. Hal tersebut terbukti pada zaman Rasulullah saw., di Madinah. Masyarakat hidup rukun, saling menghargai, saling menolong, penduduknya ramah, sopan, jujur, syukur menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah yang diajarkan oleh Rasulullah saw., patuh dan tunduk menjalankan ibadah kepada Allah swt.
Pada akhir kajian penulis sisipkan kata-kata bijak mengenai akhlak yang diambil dari beberapa hadits terpilih. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat kita semua. Penulis menyadari bahwa di dalam buku ini masih terdapat kekurangan di sana sini. Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik konstruktif dari pembaca yang budiman.
Akhirnya dengan mengharap ridlo Allah swt. penulis berharap mudah-mudahan buku ini bisa bermanfaat. Amin.
Purwokerto, 1 Desember 2012

Ari Kuswanto, S.Pd.I.


[1] . Prof.Dr. Ir. Andi Hakim Nasoetian, dkk, 2001, “ Pendidikan  Agama dan Ahlak  Bagi Anak dan Remaja”, Ciputat, PT. Logos Wacana Ilmu, hlm. 51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar