Senin, 14 April 2014

Motivasi Menurut Pandangan Islam

Motivasi merupakan suatu faktor pendorong bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan hidup. Faktor pendorong tersebut bisa berasal dari dalam diri seseorang bisa juga berasal dari luar diri seseorang (lingkungan/ faktor eksternal). Menurut Supardi dan Anwar,( 2004: 47) motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai tujuan.
Sementara Islam memandang bahwa motivasi memiliki kemiripan makna dengan himmah/ hirroh, yang artinya kemauan yang kuat untuk mencapai cita-cita atau harapan. Himmah merupakan sikap positif yang muncul pada diri seseorang karena bisa memberikan suntikan semangat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan pencapaian suatu tujuan.
Islam sendiri mengajarkan pada setiap manusia untuk senantiasa bersikap optimis serta berpikiran positif (husnudzan) dalam segala hal. Dengan demikian  diharapkan  segala ujian dan cobaan yang dihadapinya tidak dianggap sebagai hukuman melainkan sebagai cambuk/ motivasi agar menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Islam tidak mengajarkan bersikap putus asa karena perbuatan tersebut tidak terpuji, sebagaimana firman Allah swt, :
  
Artinya : “ Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (QS. Yusuf: 87)
Dorongan semangat tersebut tentunya harus dibarengi dengan niat serta tekad yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan keridloan Allah swt. Setiap langkah yang kita jalani dan setiap permasalahan yang kita hadapi semuanya harus tertuju kepada Allah swt, artinya kita tidak boleh meninggalkan/ lari dari hukum-hukum Allah swt. Apabila kesadaran tersebut sudah muncul dalam diri kita maka dengan sendirinya motivasi untuk sukses dunia dan akhirat akan selalu terpelihara.

Dari uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa motivasi dalam pandangan Islam adalah dorongan untuk melakukan perbuatan baik yang di dasarkan pada hukum-hukum Allah swt dalam rangka mencari keridloan-Nya guna mencapai kesuksesan dunia dan akhirat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar