Selasa, 23 Agustus 2016

MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA


Sampah adalah limbah atau sisa-sisa barang produksi atau kemasan yang sudah tidak terpakai. Ada dua macam sampah, yaitu sampah organik dan sampah anorganik, sampah organik adalah sampah yang bisa terurai seperti sisa-sisa makanan, pembungkus makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang susah terurai karena berupa barang-barang yang tercipta melalui prises kimiawi, seperti kaleng bekas, botol bekas, barang-barang yang terbuat dari plastik dan lain sebagainya.
Sampah yang menumpuk apabila tidak ditangani secara benar bisa mengakibatkan bau yang tidak sedap dan menyebabkan tumbuhnya wabah penyakit. Disamping itu kalau dipandang menjadi tidak indah, dan bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan, seperti banjir, pencemaran tanah dan air.
Untuk itu perlu adanya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bisa ditanamkan sejak dini pada anak, misalnya dengan cara membiasakan membuang bungkus jajanan ke tempat sampah. Budaya membuang sampah pada tempatnya akan sangat membantu mengatasi berbagai masalah pencemaran lingkungan dan kesehatan. Lebih lanjut kebiasaan membuang sampah pada tempatnya juga akan berdampak positif terhadap kesehatan lingkungan, tentunya bisa menguntungkan semua pihak.
Namun disayangkan budaya membuang sampah pada tempanya masih sangat rendah. Banyak kasus sering kita jumpai semisal orang membuang sampah dari kendaraan, membuang sampah disungai, membuang bungkus jajan disembarang tempat, membuang limbah sisa industri tidak pada tempatnya, dan masih banyak contoh kasus yang lain.
Lalu bagaimana cara menanamkan kesadaran agar seseorang mau membuang sampah pada tempatnya? Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk itu, yaitu:
1. Biasakan membuang sampah sejak masih kecil
2. Tumbuhkan kesadaran akan kecintaan terhadap lingkungan.
3. Buatlah tempat sampah yang representatif di setiap sudut lingkungan yang ramai aktifitas dengan jumlah yang mencukupi
4. Tanamkan kesadaran akan bahaya membuang sampah disembarang tempat.
5. Berilah penghargaan bagi setiap individu atau kelompok yang perduli terhadap kebersihan dan kesehatan.
6. Tanamkan bahwa lingkungan dan alam ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk merawat dan melestarikanya.
7. Ingatlah selalu bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari pada iman.
Demikianlah beberapa hal tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Jika lingkungan bersih maka suasana akan nampak indah dan tentunya berdampak positif pada kesehatan kita, sebaliknya jika lingkungan kotor maka akan sangat berakibat buruk terhadap kesehatan kita juga tentunya.
Ayo buanglah sampah pada tempatnya, ayo selamatkan bumi ini dari pencemaran lingkungan.
Ari/24/8/2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar