Selasa, 23 Agustus 2016

PERSAMI 2016


Persami merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh setiap Gugus Depan Sekolah Atau Madrasah. Kegiatan ini merupakan agenda wajib pramuka yang diselenggarakan dalam rangka penerimaan Anggota pramuka baru baik dalam tingkatan penggalang maupun penegak.
Materi kegiatan persami sangat beragam mulai dari yang berbentuk materi kepramukaan sampai yang berupa permainan yang bersifat mendidik, kalau dalam istilah pramuka disebut dengan Out Dor Management Game. Materi-materi tersebut disuguhkan ke peserta dengan format yang menarik dan penuh kesan, dibingkai dengan ketrampilan tepuk dan nyanyian-nyanyian yang menggembirakan sekaligus mengandung muatan nilai-nilai pendidikan dan cinta pramuka.
Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan dalam persami adalah rangkaian Upacara Api Unggun. Biasanya acara ini sangat dinanti oleh para peserta, karena ada beraneka macam sesi acara yang sangat beragam dan berfariasi. Mulai dari prosesi upacaranya, penyalaan Api Unggun, sampai pada sesi hiburan yang diisi oleh para peserta, panitia bahkan para alumni pun turut memeriahkan acara tersebut. Dalam upacara api unggun ada penanaman nilai-nilai patriotisme, semangat dan motifasi untuk menjadi manusia yang lebih baik dalam rangka mewujudkan masa depan yang gemilang, sebagaimana bara api yang terus berkobar. Api unggun yang menyala dengan gagah tapi selalu mengerucut menuju satu titik, artinya walaupun segagah apapun kita, sebesar apapun kemampuan kita diharapkan tidak menjadi sombong , dan harus senantiasa taat beribadah kepada Dzat yang maha tunggal yaitu Allah swt.
Begitu banyak nilai-nilai yang bisa diperoleh melalui kegiatan persami. Untuk itu dibutuhkan niat yang lurus dan harapan yang positif agar kegiatan persami tersebut menjadi lebih bermakna, tidak sekedar bersenang senang atau hiburan semata.
Harapan itu akan terwujud mana kala peserta dan seluruh penyelenggara persami mengetahui makna persami yang sesungguhnya dan bekerja sama dengan baik untuk bisa mewujudkan harapan tersebut.
Mari kita sukseskan kegiatan Persami MTsN Purwokerto tahun 2016, mudah-mudahan selalu mendapat bimbingan dan Ridlo dari Allah swt, sehingga bisa menumbuhkan generasi pramuka yang unggul dalam akhlak, pintar, terampil dan berwatak mulia. Amin.
Satyaku kudarmakan darmaku kubaktikan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar