Minggu, 11 September 2016

FITNAH AKHIR ZAMAN



Sungguh mengerikan sekali hidup pada era modern kali ini, dimana banyak sekali fitnah bermunculan, yang benar disalahkan, yang salah dikemas menjadi sebuah kebenaran, yang jujur dianggap pendusta, yang suka berbohong dipuja-puja. Apakah ini merupakan pertanda sudah dekatnya hari akhir?.

Untuk itu mari kita pahami bersama apa sebenarnya fitnah itu dan bagaimana agar kita bisa terhindar dari keburukan fitnah.

Namimah atau memfitnah adalah perbuatan yang menceritakan tingkah laku seseorang kepada orang lain (dengan cerita yang tidak jujur) bertujuan agar terjadi perpecahan.

Namimah artinya mengadu domba, yaitu kegiatan mengadu dua orang atau kelompok supaya bermusuhan dan saling membenci.

Pengerian menfitnah, yang berkembang dimasyarakat adalah adu domba, yaitu seseorang menceritakan kelakuan orang lain dengan cerita yang palsu atau yang dibuat-buat dengan tujuan menghancurkan dan menjatuhkan atau merendahkan nama baik seseorang atau golongan. Oleh sebab itu, fitnah di katakan lebih kejam dari pada pembunuhan, mengapa demikian? Jika pembunuhan hanya merusak jasmani seseorang, maka fitnah merusak mental, menyulut permusuhan, dan sering berakhir dengan perkelahian atau peperangan yang banyak menelan korban jiwa.

🌷Bahaya fitnah sebagai berikut:

🎋 Fitnah dapat berakibat pembunuhan
Artinya :
           “Dan fitnah itu lebih besar bahaya dari pembunuhan”. (QS. Al- Baqarah:191)

🎋Timbulnya kekacauan dalam masyarakat

🎋Timbulnya permusuhan antar sesama saudara

Allah swt. melukiskan bahaya menfitnah itu melebihi bahayanya pembunuhan, karena orang atau golongan yang difitnah akan terbunuh kariernya dan nama baiknya.

Rasulullah saw, memberikan peringatan dengan sabdanya:
Artinya:“maukah ku kabarkan kepadamu sekalian, akan orang-orang yang paling jahat di antara kamu? Mereka menjawab: mau…! “bersabda Rasulullah SAW: itulah orang yang membawa-bawa fitnah, merusak hubungan orang yang sedang berkasih-kasihan dan mencari aib-aib orang yang tidak bersalah” (HR.Muslim).

🌹 Cara menghindari fitnah;

Adapun cara menghindari sifat namimah atau fitnah dari orang lain adalah dengan melakukan tabayyun atau konfirmasi tentang kebenaran berita, jangan terlalu cepat menjastis / memfonis seseorang sebelum mengetahui bukti kebenaranya. Apabila terjadi perbedaan pendapat dalam sebuah permasalahan, maka kembalikan lagi kepada Allah swt., hindari saling menghujat, menjelek-jelekan orang lain yang disertai amarah dan dendam.

🌿 Hikmah menghindari fitnah adalah sebagai berikut:

🌹 Kedamaian dan ketretraman akan tercipta

🌹Persaudaraan akan terpelihara dengan baik

🌹Persatuan dan kesatuan umat akan terwujud

🌷Mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari segala fitnah. amin.🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar