Kamis, 08 Juni 2023

4 Ciri Orang Yang Celaka

 4 Ciri Orang Yang Celaka


Saudaraku yang dimulikn oleh Allah swt, tak ada manusia yang menginginin celaka dalam hidupnya, tentu semua menghendaki keselamatan dan kebahagian baik di dunia maupun diakhirat. Namun terkadang manusia terlena dan secara tidak sadar melakukan perbuatan-perbuatan yang bisa menyebabkan dirinya celaka. Lalu apa saja tanda-tanda orang yang celaka itu? Dalam kitab duratun nasikhin disebutkan bahwa ada 4 tanda-tanda orng yang celaka.


عن النبي عليه السلام أنه قال : علامة الشقاوة أربعة نسيان الذنوب الماضية وهي عند اللّٰه محفوظة وذكر الحسنات الماضية ولا يَدري أَقُبِلَتْ أَمْ رُدٌَتْ ونظره إلى من فوقه في الدنيا ونظره إلى من دونه في الدين 


Artinya: Dari Nabi Alaihissalam sesungguhnya beliau bersabda: Tanda - tanda orang celaka itu ada empat 1. Lupa dosa - dosa yang lalu sedangkan dosa - dosa itu terjaga di sisi Allah SWT 2. Mengingat kebaikan yang sudah lewat padahal tidak diketahui kebaikan tersebut diterima ataukah ditolak 3. Melihat orang yang di atasnya dalam urusan dunia 4. Melihat orang di bawahnya dalam urusan akherat

Dari hadis tersebut jelas diterngkan bahwa ciri-ciri orang yang celaka yaitu :

1. نسيان الذنوب الماضية وهي عند اللّٰه محفوظة

" Melupakan dosa yang telah lewat sedangkan dosa-dosa itu terjaga disisi Allau swt" 

Dosa kita yang begitu banyak akan selalu terjaga disi sisi Allah swt, tak akan terhapuskan sebelum Allah swt mengampuninya, maka dari itu hendaklah kita mengingat dosa-dosa yang pernah kita lakukan dan segeralah vertaubat dan meminta Ampun atas segala dosa yng telah kita perbuat.

2.وذكر الحسنات الماضية ولا يَدري أَقُبِلَتْ أَمْ رُدٌَتْ

" Menyebut-nyebut semua kebaikan yang telah lalu sedang dia tidak tahu apakah amalnya itu diterima atau ditolak"..

Maksudnya adalah agar kebaikan yang pernah kita lakukan tak perlu diungkit-ungkit dan diceritakan kepada orang lain karena bisa menimbulkan ria dan ujub sedangkan kita tidak tau apakah amal perbuatan baik kita diterima atau tidak oleh Allah swt, sebaiknya kita sembunyikan dan melupakan perbuatan baik yang pernah kita lakukan cukuplah Allah swt yang mengetahuinya.

3. ونظره إلى من فوقه في الدنيا

" Melihat atau membandingkan orang yang diatasnya dalam urusan dunia"

Banyak orang yang selalu merasa kepingin seperti orang lain yang banyak harta, selelu melihat kondisi orang-orang diatasnya dalam urusan dunia, padahal hal tersebut bisa menjadikan dirinya kufur terhadap nikmat Allah swt, selalu merasa dirinya kurang dan megeluhkan nasibnya. Inilah yang tidak diperbolehkan sebaiknya dalam urusan duniawi kita melihat seseorang yang dibawah kita agar kita menjadi bersyukur. Rasulullah saw bersabda: 

عن أبي هريراة،قال رسول الله صلى الله علبه و سلام: أنظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم فإنه أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم

Artinya : "Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: Lihatlah kepada orang yang berada dibawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu (dalam urusan dunia)، yang demikian itu lebih baik, agar kamu tidak meremehkan nikmat Allah kpadamu."

4. ونظره إلى من دونه في الدين

" Melihat atau membandingkan orang yang dibawahnya dalam urusan agama/akhirat".


Orang yang celaka adalah mereka yang selalu memandang rendah orang lain dalam urusan agamanya, seolah menganggap ibadah tidak penting dan tidak mau belajar serta mencontoh perbuatan orang-orang sholeh yang tekun dalam beribadah. Hal ini tentu akan menimbulkan seseorang semakin jauh dari hidayah dan inayah Allah swt.

Saudaraku yang dimuliakan Allah swt demikianlah 4 hal yang merupakan ciri-ciri orang yang celaka, semoga kita dijauhkan dari hal tersebut. Aamiin ya robbal 'alamin. 


Wallahu a'lam.

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Tidak ada komentar:

Posting Komentar