Rabu, 24 Agustus 2016

KIAT BELAJAR JITU


Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat buat para penuntut ilmu dalam mengatasi permasalahan-permasalahan seputar belajar. Belajar memang bukan suatu yang mudah, apalagi pada masa kini dimana banyak tantangan yang bisa menghalangi seseorang untuk belajar, seperti banyaknya hiburan yang selalu menggoda setiap saat. Maka tak jarang pelajar yang tergiur untuk bermain, menonton TV, asyik dengan HPnya dibanding dengan membaca buku pelajaran.
Realita ini sudah kerap terjadi dimana-mana, padahal kalau seseorang mengalami kesulitan dalam belajar maka akan berimbas pada perolehan hasil, baik secara nilai akademik maupun tingkat pemahaman keilmuan seseorang.
Untuk itu mari kita cari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ada beberapa kiat belajar yang ringan, menyenangkan dan berkualitas :
1. Belajarlah berulang-ulang dalam waktu yang berbeda.
Maksudnya belajarlah sedikit-sedikit dalam waktu yang berbeda akan lebih efektif dibandingkan belajar banyak yang dilakukan dalam satu waktu. Kenapa demikian? Karena semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar maka semakin banyak pula energi otak kita yang terkuras, semakin terkurasnya energi di otak kita maka mengakibatkan kemampuan menghafal dan memahami pelajaran semakin menurun. Berbeda dengan ketika belajar sedikit demi sedikit dimana otak kita masih memiliki kapasitas yang kuat untuk bisa berfikir, menghafal dan memahami materi pelajaran maka hasilnya pun akan lebih optimal.
2. Pilihlah waktu belajar yang efektif
Belajar yang paling bagus adalah ketika suasana hening tanpa terganggu aktifitas-aktifitas lain. Kapan itu? Jawabnya adalah waktu Pagi hari menjelang dan sesudah Subuh. Waktu ini sangat efektif untuk belajar karena kondisi tubuh kita masih penuh dengan energi, otak kita masih segar untuk belajar dan belum terganggu pikiran-pikiran yang lain.
3. Belajar dengan senang hati
Kebanyakan seseorang belajar karna terpaksa, mungkin karena akan ujian atau presentasi. Padahal
belajar yang dipaksakan hasilnya tidak akan maksimal. Untuk itu belajarlah dengan perasaan senang dan hati yang gembira, carilah materi-materi pelajaran yang paling anda senangi, setelah itu baru mempelajari materi yang lain. Belajarlah dari yang ringan-ringan sampai kepada materi yang sulit. Karena kemampuan otak seseorang akan selalu berkembang seperti anak tangga.
4. Belajar dengan penuh harapan masa depan
Apabila seseorang belajar dengan kesadaran bahwa bahwa masa depanya ditentukan oleh usahanya hari ini maka semangatpun akan tumbuh, dan dia akan besungguh-sungguh dalam belajar dan menganggap belajar adalah sebuah kebutuhan. Ketika seseorang sudah sampai pada tahap ini maka kesulitan pun akan berubah menjadi kemudahan, kemalasan akan berubah menjadi semangat dan kegagalan akan berubah menjadi sebuah kesuksesan.
Demikianlah beberapa kiat belajar jitu, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Tiada hasil tanpa usaha, tiada ilmu tanpa belajar, tiada kesuksesan tanpa ikhtiar dan pengorbanan.
Jangan lupa terus berdoa, karena sebesar apapun usaha kita yang akan menentukan hasilnga adalah Allah swt. Untuk itu belajar juga harus disertai ibadah dan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar