Rabu, 24 Agustus 2016

RENUNGAN HUT RI KE 71 Tahun 2016

Saudaraku pejamkanlah mata anda sejenak, hilangkalah segala permasalahan, urusan, dan kesibukan-kesibukan anda. Fokuskan pikiran anda pada Negeri ini. Mari kita bersama-sama berkeliling Nusantara sambil mengingat sejarah bangsa Ini.
Surga kecil telah dianugerahkan pada kita, lihat disana ada gugusan pulau yang tertata indah, pepohonan menghijau, laut membiru, kekayaan alam yang sungguh luar biasa.
Saudaraku Negeri kita pernah dijajah, dirampok dan dikuasai bangsa asing, bangsa kita pernah diperlakukan secara semena-mena. Rakyat menderita, badan mereka kurus, batin mereka tersayat pedih. Banyak anak kecil kehilangan Bapaknya karna menjadi korban perang, Istri-istri yang kehilangan suaminya, bahkan anak-anaknya pun menjadi korban kebiadaban kaum penjajah.
Air mata terasa kering karena begitu banyak yang telah dikeluarkan.
Saudaraku pernahkah kita mengingat mereka? Pernahkah ketika dalam kesendirian kita mendoakan para pahlawan bangsa ini? Adakah rasa terimakasih dalam dada kita untuk mereka?
Bangsa kita sekarang sudah merdeka, kita sudah bisa merasakan kenikmatan yang dulu tidak dirasakan oleh para pahlawan kita. Kita sekarang bisa tidur dengan nyenyak, mereka dulu tidur di bawah meriam-meriam dan dimarkas-markas pertempuran. Kita sekarang bisa makan dengan segala lauk pauk yang ada, dulu mereka makan seadanya, bahkan ada yang menahan lapar berhari-hari karena tidak ada makanan. Kita sekarang bisa belajar di sekolah dengan bebas dimanapun sampai jenjang yang kita inginkan, dulu mereka tidak berkesempatan untuk mengenyam pendidikan. Betapa sengsara perjuangan mereka, betapa pedih penderitaan mereka, terbelenggu selama bertahun-tahun. Apakah pernah kita mengingat penderitaan mereka? Apakah pernah kita mendoakan mereka? Pernah kalau ada upacara itupun mungkin karna terpaksa.
Dimana rasa terimakasih kita? Dimana rasa syukur kita?
Bangsa kita memang sudah merdeka, namun jika kita lihat dan amati masih banyak penjajahan-penjajahan yang lain, masih banyak tugas yang harus diselesaikan, amanah yang besar dari pendiri bangsa ini belum sepenuhnya kita laksanakan.
Saudaraku marilah kita bergandeng tangan, perkuat persatuan dan kesatuan bangsa, hindari perpecahan, hindari saling menghina dan memfitnah satu sama lainya, ayo bangkitlah generasi muda, jangan engaku berbuat sia-sia, ayo perangi narkoba, tawuran, dan perbuatan-perbuatan tercela lainya.
Saudaraku disetiap kesulitan pasti ada kemudahan, habis gelap pasti terbitlah terang, berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang senang kemudian. Sudah saatnya kita maju, sudah saatnya kita merdeka dalam arti yang sebenarnya. Kedepan pasti ada jalan, kedepan pasti akan gemilang. Semoga Bangsa kita akan semakin maju, bermartabat, makmur, adil dan sentosa serta senantiasa dalam lindungan sang Kuasa. DIRGAHAYU NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA .. MERDEKA..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar