Senin, 26 Juni 2023

20 Anggota Pramuka MTs Negeri 1 Banyumas Mengikuti Ujian Pramuka Garuda

 


Pramuka garuda merupakan tingkatan pramuka tertinggi di tiap-tiap golongan, mulai dari golongan pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega. Sebagai seorang pramuka garuda harus bisa menjadi suri tauladan yang baik dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mewujudkan pramuka garuda yang berkwalitas, MTs Negeri 1 Banyumas mengikutkan 20 anggota pramuka pada ujian pramuka garuda yang dilaksankan di tingkat Kwarran Purwokerto Timur pada hari Senin, 26 Juni 2023 bertempat di SD N 1 Sokanegara pada pukul 07.30 WIB s/d pukul 14.00 WIB.



Sebelum melaksanakan ujian pramuka garuda, seluruh anggota pramuka harus melewati proses latihan dan seleksi administrasi. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pramuka garuda tingkatan penggalang adalah menyelesikan SKU penggalang terap yang dibuktikan dengan serifikat pelantikan, menyelesikan minimal 25 TKK Purwa, 3 madya dan 2 utama, menyerahkan surat keterangan kelakuan baik dari keluarga, RT/RW dan Gugus Depan, membuat minimal 6 hasta karya dari bahan yang berbeda-beda, menguasai teknologi informatika, bahasa asing serta terdaftar sebagai nggota pramuka dengan menunjukan KTA.



Jumlah peserta yang melaksanakan ujian pramuka garuda di tingkatan Kwarran Purwokerto Timur bersiksar 400san terdiri dari calon pramuka siaga garuda, dan calon pramuka penggalang garuda. Berkas administrasi calon pramuka garuda telah dikirim dan diverifikasi oleh pengurus kwarran beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian pramuka garuda.

Setiap calon pramuka garuda di uji oleh petugas yang telah ditunjuk oleh Kwartir Ranting, yang terbagi menjadi beberapa ruangan yaitu ruang ujian SKU dan SKK, Hasta Karya, Teknonogi, dan penguasaan Bahasa Asing.




Ari Kuswanto selaku pembina pramuka berharap setelah mereka menjadi pramuka garuda bisa menjadi contoh dan suritauladan yang baik buat teman-teman yang lain " kak Ari berharap semoga setelah kalian melalui proses yang panjang untuk menjadi pramuka garuda, nantinya kalian akan bisa menjadi contoh dan teladan yang baik buat teman-teman kalian dilingkungan madrasah, dan mudah-mudahan melalui pendidikan di gerakan pramuka nantinya kalian akan menjadi tunas Bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt, berbudi pekerti yang luhur serta pandai dalam ilmu pengetahuan, maka dari itu kalian harus terus rajin berlatih dan belajar, " pesan Ari.

Setelah diuji di tingkat Kwarran nanti calon anggota pramuka garuda akan kembali di ujikan di tingkat Kwarcab pada bulan Agustus mendatang.(Ari).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar